PADA SEBUAH KAPAL: 34 Jam kemudian (Day 2)

DCIM100GOPROG0182860.

KM Sangiang memasuki bagian kepala Pulau Buru.

Ternate-Buru, 19 Juli 2017—Wajah-wajah kemenangan terpancar dari penumpang, tatkala sang pengeras suara menyatakan KM Sangiang resmi merapat di pelabuhan Namlea, Pulau Buru. Begitu pula dengan saya. Segera saya bopong tas yang lebih menyerupai tempurung kura-kura ini. Di ambang pintu keluar, kru kapal sudah berbaris untuk melepas kelulusan kami dari 34 jam pelayaran  Ternate-Namlea.

“Mantap!” ucap reza, salah satu kru keamanan KM Sangiang sambil mengacungkan ibu jarinya ke arah saya. 

Langit Namlea sudah gelap saat untuk kali pertama, kaki saya menginjak daratan pulau Buru. Ketibaan KM Sangiang meleset 3 jam dari jadwal. Seharusnya pukul 6 sore tadi kami sampai. Ombak memang sedang besar selama perjalanan. Seringkali airnya menampar-nampar sampai jendela samping tempat tidur saya di deck dua.

Lampu-lampu pelabuhan yang minim cukup untuk mengarahkan saya ke pintu keluar dermaga. Saya  masih bersama Sherlly dan Dylan. Keduanya adalah traveler ibu-anak asal Bali  yang  saya kenal dalam  KM Sangiang. Kebetulan kami memiliki tujuan sama. Dalam temaram, kami menyusuri jalan mencari penginapan. Berdasarkan informasi petugas pelabuhan, tidak jauh dari gerbang ada banyak penginapan. Bisa dicapai dengan ojek atau berjalan kaki. Ojek biasanya Rp 5 ribu untuk jarak dekat. Kami memilih berjalan kaki walau medannya cukup terjal dan menikung tajam.

Di jalan atas, penginapan berbagai tipe dan fasilitas sudah  ada. Kami memilih penginapan paling murah agak ke dalam. Penginapan Senyum Bopolo. Harga perkamarnya Rp 150ribu dengan fasilitas kipas, televisi kabel, kamar mandi, dan 2 kasur besar. Walau sebelum tidur kami harus menjadi cockroachbuster. Selamat malam dan mari beristirahat…

Leave a Reply

